Pembalap Indonesia Cetak Sejarah di Moto3 Prancis 2021

Pembalap Indonesia, Andi Farid Izdihar, mencetak hasil terbaiknya sepanjang kariernya di MotoGP pada balapan Moto3 Prancis 2021. Hasil positif diraih Andi Farid Izdihar pada balapan seri kelima Moto3 Prancis 2021 di Le Mans, pada 16 Mei 2021. Pembalap yang akrab disapa Andi Gilang ini finis di urutan ke-15 pada seri balapan kelima ini.

Pembalap Indonesia Cetak Sejarah di Moto3 Prancis 2021

Hasil itu membuat Andi Gilang berhak mendapatkan satu poin. Meski hanya satu poin, namun ini merupakan momen berharga bagi pembalap tanah air. Mengingat, dirinya menjadi pembalap Indonesia pertama yang sukses menyabet catatan itu sejak 2013 lalu. Pembalap jebolan Astra Honda Racing Team itu pun mencetak sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang mampu membukukan poin di kelas Moto3 Kejuaraan Dunia Balap Motor.

Sebelumnya, hanya Doni Tata Pradipta yang mampu menorehkan poin di ajang MotoGP tersebut. Itu terjadi ketika dirinya masih memperkuat tim Federal Oil Gresini Moto2. Ketika mengetahui rekornya disentuh oleh Andi Gilang, Doni Tata pun langsung memberikan pesan penyemangat kepada penerusnya itu.

Andi Gilang Cetak Sejarah, Honda Team Asia Ucapkan Selamat!

Momen sejarah itu turut diunggah Honda Team Asia selaku tim yang menaunginya. Dalam sebuah rekaman video, para kru langsung menyelamati Andi Gilang usai memarkir motornya di paddock. Rider asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, ini sebelumnya gagal meraih poin satupun saat 16 kali membalap di ajang Moto2 musim lalu.

Andi Gilang Cetak Sejarah di Moto3 Prancis 2021

Perlahan tapi pasti, Andi Gilang mulai menyalip satu per satu lawannya. Hal itu juga didukung dengan banyaknya pembalap yang mengalami crash pada dua lap awal. Andi Gilang kemudian berhasil menghuni peringkat ke-19 ketika balapan memasuki lap ketiga. Andi Gilang lalu berhasil menembus posisi ke-15 ketika balapan telah memasuki lap ketujuh.

Namun, pembalap kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan ini harus turun ke posisi 16 saat disalip Deniz Oncu pada lap ke-11. Posisi tersebut kemudian bertahan hingga menjelang akhir balapan. Berjuang dari posisi ke-30, usaha yang dilakukan Andi Gilang berbuah manis hingga berhasil menduduki posisi 15.