Sejarah Dari Lahirnya MotoGP di Dunia

Motor adalah salah satu transportasi yang sangat populer di dunia khususnya di Indonesia. Transportasi roda 2 ini menjadi pilihan utama karena memang harga mobil sebagai kendaraan roda 4 yang sangat jauh sekali perbedaannya dengan motor, sehingga banyaknya orang atau masyarakat yang memang membeli motor untuk keperluan sehari – hari nya.

Namun bukan sejarah motor yang akan kita ulas disini. Pernahkah kalian mendengar MotoGP? Pasti sebagian dari kalian juga sudah banyak yang, apalagi ikon dan legenda dari motogp ini adalah Valentino Rossi asal Italia, yang memang pernah menjadi top pembalap motor pada masanya.

Walaupun sekarang masih mengikuti balap – balap tersebut namun sang legenda ini sudah sangat jarang sekali menaiki podium karena memang sudah habis masa kejayaannya.

Apa kalian sudah penasaran dengan sejarah dari MotoGP? Simak ulasan berikut ini!!

Sepeda motor pertama dijual pada tahun 1894, produk Jerman, sedangkan balapan pertama sekitar 400 km diadakan di Prancis hanya beberapa tahun kemudian. Dari tahun 1906, Inggris mengadakan balapan Tourist Trophy (TT) di Isle of Man, dan adegan motorsport berkembang di seluruh Eropa Tengah pada hari-hari sebelum perang.

Setelah Perang Dunia Kedua, pada tahun 1949, FIM (Federation Internationale de Motorcyclisme) didirikan pada situs slot gacor, menetapkan format balap jalanan yang masih dapat dikenali hingga hari ini di seri GP Dunia. Balapan pertama yang diadakan di bawah aturan FIM adalah acara Isle of Man TT Juni 1949.

Mengapa Soichiro Honda mengarahkan pandangannya pada TT? Jawabannya sederhana: balapan Isle of Man adalah yang paling sulit untuk dimenangkan dan telah melambangkan esensi olahraga.

Honda merasa bahwa menyatakan ambisinya untuk memenangkan perlombaan yang menuntut ini akan membuat perusahaannya menarik banyak minat, seperti yang memang terjadi, dari seluruh Jepang.

Hingga tahun 1950-an, balapan GP Dunia diadakan secara eksklusif di Eropa, dan didominasi oleh pabrikan Eropa. Isle of Man TT 1959 menjadi https://www.nodeclipse.org/ saksi masuknya tim Jepang pertama kali ke dalam seri GP Dunia, keempat motor Honda 125cc yang dikelola oleh Kiyoshi Kawashima, yang mendapat kepercayaan dan dukungan penuh dari Soichiro Honda.

Tantangan pertama ini menghasilkan Honda mengklaim 6, 7, 8 dan 11 di kelas ringan 125cc, serta Penghargaan Tim Produsen. Pada saat itu, melawan lawan yang kuat, tingkat keberhasilan ini benar-benar luar biasa, mendorong Honda untuk bersaing di seri GP penuh pada tahun berikutnya.

Sejak tahun 1960, Honda memasuki semua balapan GP Dunia dengan mesin 125cc dan 250cc, usahanya akhirnya membuahkan kemenangan perdana di Grand Prix Spanyol 1961 (acara pembukaan), ketika Tom Phillis membawa pulang Honda 125cc-nya di tempat pertama.

Pada balapan berikutnya, di Jerman, Kunimitsu Takahashi menjadi pebalap Jepang pertama yang memenangkan ajang GP Dunia, dengan Honda 250cc miliknya menjadi motor Jepang pertama yang menang di kelas ini. Pada tahun yang sama, Honda dinyatakan sebagai Juara Dunia ganda, mengklaim kategori 125cc dan 250cc.

Nah itu dia guys sepenggal sejarah dan kisah awal mula terjadinya MotoGP seperti yang kita ketahui saat ini, tentu semakin berkembangnya jaman dan semakin canggih juga mesin dan motor yang di pakai oleh setiap pebalap MotoGP ini.

Jika memang kamu memiliki cita – cita sebagai pebalap motor tentu sejarah ini sangat penting bagi kalian untuk diketahui terlebih lagi jika kalian memang gemar menonton dan bahkan menjadi salah satu fans dari pebalap MotoGP dunia kalian wajib mengetahuinya ya guys.

Oke guys itu saja informasi mengenai sejarah awal mula dari MotoGP yang bisa saya informasikan, semoga bermanfaat.